Ketik System.out.println("Hampir Selesai!"); Lalu Enter!


Uh yeah, setelah perjalanan panjang hamba tempuh sejak Februari, akhirnyaaaaaaa....


Akhirnya salah satu mata kuliah ter-killing-me-softly semester ini RESMI SELESAI!

Salah satu mata kuliah yang sangat menyusahkan (siapa suruh mau disusahin -_- )  yang gue maksudkan di semester ini, selain Bahasa Cina, gak lain dan gak bukan adalaaaaah

DASAR!!
DASAR-DASAR PEMROGRAMAN! (Dasar!!!!!!) (Dasarrr Nik... ini tuh dasarrr) (Apaadeh Nik!)
Bentar-bentar...

Lo anak UI?
Lo bukan anak Fakultas Ilmu Komputer?
Lo punya mimpi terpendam tersendiri akan kodingan Java, atau HTML, C#, PHP, et et et seterah?

CAMKAN!
Jangan ambil DDP ! *lalu gue menangis sambil tertawa*


Sungguh bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga temen Cina gue  [ lu rasis, gue juga bisa rasis :P tapi gue sayang lu kok Shir :)], tadinya gue udah niatan, di hari Sabtu, 6 Juni 2015 lalu gak akan dateng ke laboratorium-------- (yang gak ada gelas kimianya sama sekali) (gue sangat ga setuju sebuah ruangan disebut lab, tapi gak ada gelas kimia atau at least a photograph of human's kidney and friends). Yup! Gue mau bolos. Bolos di hari UAS diselenggarakan. Wakakakakkk... *gue beneran ngakak. abisnya gue lucu banget sih*

Abisnya gimana dong, gue udah bisa prediksi, otak gue pasti ga bakal mempan jawab soalnya. Kalo gak ngerjain satu kasus program doang, yaaaa... aa.aaaa.aaaaaa paling-paling yaaaa .. yaaaaaaa

So, nonsense gak sih, nonsense kaaannn?? Kalo gue masih ngotot bikin catatan (karena UASnya open note: dengan catatan harus di atas kertas A4, warna putih, tulis tangan, tulisan sendiri! kalo gak, wassalam), kalo gue masih menjaga niatan bulat ber-begadang-ria buat belajar, padahal udah tau kapasitas otak gakkan memadai.... apalagi namanya kalo bukan buang-buang waktu dan nonsense?

--------Tapi akhirnya gue pergi juga.
[Hati ini diobrak-abrik Tuhan, kataNya "Jan gitu ah,Nik!" melalui Shirleen, sahabat akoowh yang lalu ditambah Whatsapp-an dari sahabat akoowh yang satunya lagi. Terimakaci kalian! ]
Akhirnya gue begadang juga, ngulang-ngulang pelajaran lama, nontonin video tutorial dan bikin catetan super kecil untuk menghadapi UJIAN AKHIR SI_MATKUL.



Akhirnya gue masuk ke lab komputer itu, menemui wajah-wajah yang udah gak asing lagi: ka Ramot terutamaaa... (I always wonder, dia itu Sihombing nomor berapa, jangan-jangan dia oppung gue. [Catatan] maapin gue ngomongin hal yang 'berbau mistis' wekekeekeeek).
Setelah senyum-senyum sapa sama temen Cina gue yang memotivasi gue H-1 UAS DDP [dia memotivasi gue pake bahasa Cina ANYWAYY~, kurang keren apa coba persahabatan kami berdua], gue pun mengambil tempat dan kemudian menyalakan komputer.

Yak, perrr- mirrr- saaah. Lo tau? Soal-soal yang keluaar.. dari soal pertama (total waktu untuk gue melihat dan mencernanya: 13 minutes something)
Gue ulang, DARI SOAL PERTAMA sampai soal-soal BERIKUTNYA: r-a-n-c-u  s-e--mu-- --A! *cmiww :)))*
Jangan tanya bagaimana dengan catatannya!

Ampuuuuuuuun, DJ.

Dari semua soaaal, hampir semua sangat susah, sisanya susah semua. (mari kita nyanyi: semua-semua-semua dapat dikabulkan, dapat dikabulkan dengan 智慧口袋-nya 阿凡提)
Satupun soal juga gak ada yang bisa dikaitin sama note yang udah gue siapin dengan segenap hati, jiwa, tubuh, dan pakaian! *kucel the note lalu telan bulat-bulat*

Jadi, gue mau ralat!
Gue bukan hanya buang-buang waktu dan melakukan hal nonsense di hari itu. Faktanya, selain gue buang-buang waktu (parah lu Nik) dari jam 8 malam sampe jam setengah 5 pagi buat belajar. Gue juga buang-buang uang buat naik ojek ke Fasilkom, senilai 8000! Gue juga buang-buang tenaga, lho, mbaca soalnya aja udah ngures otak, apalagi pas jawab! Ini otak udah jadi sumur tak bertuan, kering~ dikures abis~ isinya tinggal Samara si hantu the-ring doang. Pait. Saat itu, dalam hati, kata-kata ini seakan mberontak:"KAN, GUA BILANG APAAAH, MENDING LU NYIAPIN UAS YANG LAIN!"

That's why, sayang-sayangkuh yang mau klik DDP untuk Isian Rencana Studi semester kelak , sebaiknya: pikir ulang!
Nih, yahhh. DDP tuh 6 SKS, yang notabene:

6 SKS = 3 jam kuliah malam, 3 jam kuliah di hari Sabtu (ngeri kan?)
6 SKS = NILAI C lo ada 6 SKS! 6 kali lipat dari nilai C sebuah matkul dengan jumlah SKS 1. :P
6 SKS = IP lo terancam, IPK lo terancam, kesempatan apply beasiswa lo terancam, pandangan bagus dari kang_wawancara di masa depan terhadap lo terancam.

Hahahahahaaaaaaa.... kok gue nangis sendiri ya nulisnya.
Kenapa gue dulu ambil matkul ini coba?

Oh, iya.
Sejujurnya, meskipun saat itu agak nyesel dateng UAS, gue merasa sangat puas dan lega loh. Gue menyelesaikan matkul bala ini dengan penuh tanggung jawab. (Yup, kalo jawab soal lab selalu tanggung :P)
Akhirnya, gue beneran ambil DDP, dan nilai itu akan tertulis di riwayat akademik gue.
[walaupun mungkin jadinya gini: ]

Gue gak menyesal ambil mata kuliah yang satu ini, (lebih ke... nyesel pernah minta tolong kerjain tugas Graphical I---something User sama banyak anak TI dari Binus, Gundar dan segala-gala, tapi ternyata pada gak bisa dan bilang: "gua belum pernah nemu tugas beginian". Kaliaaaaan sebenarnya belajar apaa sih? Huft~)
Ada banyak berkah dan pelajaran yang bisa gue ambil dari mata kuliah ini:

1. Gamers are just gamers, GLORY is the Game Maker! (Hidup para pembuat program!)

Sekarang gue punya idealisme tersendiri terhadap suatu game. Mengetahui bahwa, game se-SEPELE Flappy Bird (yang kemudian diberi nama Cupu Bird di kelas DDP) aja bikin programnya susahhhh minta ampao!
Mulai saat ini, gue gakkan lagi memandang sebuah game hanyalah sebuah game. Kalo suatu saat nanti gue main game sesuatu, (baca: saat ini sih sedang main game agar.io, dan akh sudahlah, jelek banget! apaan coba, game bulet-bulet gitu doang. udah gitu pesan alur permainannya ngeri banget lagih. iz) gue gak akan jadi tukang kritik game yang sok lagih.


Kata-kata ini mulai masuk akal buat gue setelah belajar DDP: "gak semua hal yang terlihat kecil, benar-benar kecil".

2. Ada aplikasi keren di laptop gue!

Gue akhirnya ngerti gimana caranya gaya-gayaan pake kotak hitam ini!
**YAAAAAAAHOOD KAAAAN?**

Selain itu, selain ituuuu..... gue juga ada NetBeans, terussss terusssssss gue juga punya Eclipse! Hahahaha... yang parahnya lagi. Lo dan gue sama-sama punya aplikasi Notepad, tapi belum tentu lo bisa bikin sebuah program pake notepad lo itu! Bleeee :P (ambil tuak, kupas kacang, kunyah lapet beras, goyang kemenangan!)

3. The IF ELSE Syntax

if (Nika == gakBelajar){
nikaLulus--;
if (nikaLulus<=0){
nikaJomblo--;
meNikah==true;
}
else if (Nika== belajarMulu){
nikaLulus++;
nikaJomblo++;
}else return matiSekalian;

There are so many undetectable things under your pants, but things certainly have it's own consequences. If you do A, things will come to A.consequence .. Else, the other things will happen.
Gue baru bener-bener tertohok oleh kenyataan ini setelah belajar If Else Syntax nya Java, hihi :D terimakasih klinik Dongfang! ^_^ Laaaafyuh!

4. Shirleen+Aku = debatin_ka_Billih, ngobrol, kerjaSama, kerjaSendiri

"Shir, gimana sih? Gua gak bisa, gak ngerti samsek!"
"Nik, kamu udah ngerjain lab hari ini belum?"

"Kode" ini nih, yang paling greget! Karna, secara pragmatis, artinya sama aja dengan : "GIMME YOUR CODES! YOUR PASS CODES!"
Intinya, gue dan Shirleen jadi berkesempatan lebih dekat satu sama lain. Saling nopang, saling nyemangatin, dan saling tatap-tatapan kebingungan di kelas pas dosen nerangin sejarah Bekasi bisa jadi planet baru.
Seandainya gak ada DDP, gue gak mungkin akan terus-terusan nyusahin Shirleen. Maaf ya Leen, selama kelas DDP-an bareng gue gak lebih sering berkontribusi dibanding kang_Parkir pada lahan parkirnya. Gue lebih sering nanya, dibanding bantuin lo! Huhuhuu... *nangis di atas baskom air kobokan*


5. The looping things, remember the looping things Nik!

Ada lagi yang sangat gue syukuri dari materi kuliah DDP, yaitu gue bisa ngerti FOR Loop, wkwkkwkk.


Si greget -for Loop- ini nih, yang paling gak bisa diterima otak di awal-awal perkuliahan :,)
Yaaa.. for loop, try-do-while loop. Semua looping-looping ganteng itu gak ada yang make sense, sampe akhirnya gue belajar satu hal.
Hal yang harus di-looping dalam suatu program adalah hal yang perlu diproses berulang kali, supaya mencapai suatu hal. Biasanya looping akan dimulai dari angka 0. Ibaratkan yang mau dilooping itu, Nika. (Ih, dari enol :X :D jadi inget iklan susu'atuh[Dimulai dari angka 0 ya, pak!])

Mulai dari umur Nika 0, sampai nanti akhirnya umur Nika tidak lebih kecil dari panjang umur Nika, alias udah meninggal dunia(secara logika gak ada yang namanya Umur>Hidup.length; [sekali lagi, logikanya dipake pas bikin program! *geli sendiri*])  akan ada suatu proses dilakukan pada Nika.
Selama umur Nika belum mencapai ajal, jika Nika mengalami masalah maka Nika harus berani menghadapinya dan belajar. Jika tidak ada masalah, jangan lengah. (Kemudian di balik panggung kehidupan, tiba-tiba si masalah meng-aktivasi dirinya sendiri, huft, kena looping juga ya Mas[-alah]? ) Setiap kali menghadapi masalah, waktu pun terus berjalan; seiring Nika belajar sesuatu, Nika pun bertambah tua. Tapi di saat itu masalah tetap akan remain terus 一直 ada.

Eh, anyway, program di atas cacat! Kurang berdoanya. Hahaha. ;)

Dooh, ngomong-ngomong bertambah tua, ini udah bulan Juni beneran yah?
Tambah tuaa deh gengs. (Duh, ah--- Males-lah bahas itu, nanti-nanti aja.) Intinya, sebentar lagi semua UAS kelar!


System.out.println("Hampir selesai Nikaaaa! Semangat, Nik!");
boolean continueWar = true;
end;

No comments:

Tinggalkan jejak di rumah saya! ^_^

Powered by Blogger.