保护臭氧层 (Memelihara Lapisan Ozon)

臭氧是由三个氧原子结合在一起的,蓝色,有特殊气味的气体,地球上90%的臭氧气体集中在距地面15公里至50公里的大气层中。
Ozon adalah gas yang terdiri atas tiga partikel oksigen yang bergabung bersama, berwarna biru, dan gas yang memiliki aroma khas. Sembilan puluh persen gas ozon di Bumi berkumpul pada lapisan atmosfir yang berjarak lima belas sampai lima puluh kilo meter dari permukaan Bumi.


大气臭氧层的厚度仅为几毫米。别小看这几毫米厚的臭氧层,千百年来,地球上的万物所以能顺利生长,全靠了臭氧层吸收了对地球上生物有害的那部分太阳紫外线。
Ketebalan ozon di atmosfir hanya sampai beberapa milimeter. Jangan remehkan lapisan ozon yang tebalnya beberapa milimeter ini. Ribuan tahun belakangan, seluruh makhluk hidup di Bumi supaya berhasil bertumbuh, seluruhnya mengandalkan lapisan ozon untuk menyerap sinar Ultraviolet dari bagian matahari yang berbahaya bagi makhluk hidup di Bumi itu.

没有臭氧层,地球上的生物将会被毁灭。
Tanpa lapisan ozon, makhluk hidup di Bumi akan musnah.

臭氧层与人们的生活关系密切。医学专家指出,一般情况下,太阳发出的短波紫外线对人体有害。而臭氧层正好能挡住短波紫外线,使人体不受侵害。
Lapisan ozon berkaitan erat dengan kehidupan manusia. Ahli medis mengemukakan bahwa dalam kondisi biasanya,  sinar UV gelombang pendek yang dipancarkan matahari berbahaya bagi tubuh manusia. Akan tetapi lapisan ozon kebetulan mampu menangkal sinar UV gelombang pendek, membuat tubuh manusia tidak menerima kerusakan.

如果臭氧层被破坏,短波紫外线就会照射到地球表面。紫外线波长越短,对人体的危害就越大、致癌率就越高。
Jika lapisan ozon hancur, maka sinar UV gelombang pendek akan memancar sampai ke permukaan Bumi. Panjang gelombang sinar UV semakin pendek, bahaya terhadap tubuh manusia pun semakin besar dan tingkat (kasus) penyakit kanker pun semakin tinggi.

例如,皮肤癌多发生在西方国家,其原因有三点:一是白种人皮肤中的色素少,抗紫外线照射的能力低; 二是西方人喜爱日光浴,接受紫外线辐射的机会大大增加,因此容易得皮肤病;三是遗传因素。
Sebagai contoh, kanker kulit banyak terjadi di negara-negara barat, alasan nya ada tiga poin. Pertama, pigmen pada kulit orang kulit putih sedikit, kemampuan melawan pancaran sinar UV rendah. Kedua, orang barat gemar berjemur di bawah matahari, kesempatan menerima radiasi sinar UV meningkat pesat, oleh karena itu mudah terjangkit penyakit kulit, dan yang ketiga adalah faktor keturunan.

No comments:

Tinggalkan jejak di rumah saya! ^_^

Powered by Blogger.