[7 Milkshakes] TER-EnIk (Enak+Unik) Di berbagai negara dan Seluruh Dunia

MILK- SHAKE.

Adakah di antara kalian yang gak kenal sama ASI
a.k.a  
(air susu induk)-nya sapi yang dikocok pake es, gula dan penambah cita rasa ini?

Dulu, susu kocok ini dikenal dengan rasa coklat, stroberi, vanilla.... sekarang susu kocok berkembang pesat: cita rasanya lebih variatif, harus pake topping unik biar seru, dan diblender. Setuju gak?

FYI di dunia kominfo, susu kocok jenis baru lebih dikenal dengan sebutan #FREAKSHAKE.
YUP.
Disebut freak, karena penyajiannya suka gak wajar dan gila-gilaan.
Selain rasanya yang kelewat macem-macem, atau bahan bakunya yang udah gak mendahulukan susunya lagi.. alias lebih menonjolkan cita rasanya. Freakshake juga gak jarang yang komposisi susunya kalah dominan sama toppingnya. Entah toppingnya (taburan emas) lebih mahal dari susunya lah~ || toppingnya lebih banyak dari susunya lah~ (oreo, wafer, mesis, kue, es krim, buah semangka :P) || Unik deh, tapi ......... freak -_-

Gue sempet kepo, negara-negara apa aja sih yang punya milkshake yang enak dan unik. Nah, biar sekalian jadi referensi yang aplikatif dan kontekstual (azeek~), artikel ini juga ada resep pembuatan milkshake nya juga ^^ yang gue kumpul dari berbagai situs .. (yang mudah-mudahan {-/\-} kredibel).

1. Indonesia [Milkshake Salak]


Kita mulai dari negara sendiri, Indonesia... yang kaya akan flora, apalagi buah.... Bukan nggak mungkin kalau negara kita termasuk yang punya milkshake “khas”. Buah eksotis dan bercita rasa unik: buah sisik ular alias SALAK, menjadi pahlawan utama dari minuman susu kocok ini. Beli dimana? Duh- Belum nemu restoran mana yang jual...
Bikin sendiri aja yuk ^^

Bahan :

2 buah Salak (buang bijinya, potong dadu)
1 gelas Susu Full Cream (500 ml)
1 sdm Gula
5 sdm Jasmine Tea Extract (seduh teh pekat juga bisa)
1 sdt Sirup Markisa
1 skup Es Krim Vanilla / Stroberi* (tambahan untuk yang suka thick milkshake

Langkah Pembuatan 
Susu didinginkan. Blender buah salak dan gula bareng sama ekstrak teh dan sirup markisa beberapa detik, sampai salaknya hancur kasar. Setelah itu, masukin susu dan es krim ke dalam blender juga. Penyajian bisa dengan beberapa ice cubes. Sementara toppingnya bisa pakai potongan buah nangka yang manis ^^ atau bisa juga biji selasih yang teksturnya lucu-lucu gimana gitcu.


2. India [Rose Milkshake]


Hijrah ke negara bubuk holi, India... cita rasa khas dari milkshake nya berbahan baku Bunga Mawar! Tapi,  disebut-sebut rasanya super enak, apalagi milkshake varian Melting Rose nya produk Keventers. Keventers itu sendiri adalah diary brand asal Delhi yang udah berdiri sejak 1970 (X_X)
Mau jajal ? Oke kita coba !

Bahan :
3 sdm Sirup Mawar
1 gelas Susu Full Cream
1/2 sdm Gula
1 sdt Air Mawar (hmm...air rebusan mawar?)
1 sdt Biji Sabja (sweet basil, direndam air secukupnya)
1 skup Es Krim Cocopandan* 

Langkah Pembuatan

Susu didinginkan. Blender biji sabja dan gula dengan sirup mawar dan air mawar beberapa detik, biji sabja ga usah dihancurin. Masukin susu lalu blend beberapa detik sampai semua tercampur aduk. Setelah itu baru bisa masukin dan blend es krim nya.

Penyajian bisa dengan beberapa ice cubes. Sementara toppingnya bisa pakai remahan kacang tanah dan beberapa lembar kelopak mawar.Susu didinginkan. Blender biji sabja dan gula dengan sirup mawar dan air mawar beberapa detik, biji sabja ga usah dihancurin. Masukin susu lalu blend beberapa detik sampai semua tercampur aduk. Setelah itu baru bisa masukin dan blend es krim nya.

Penyajian bisa dengan beberapa ice cubes. Sementara toppingnya bisa pakai remahan kacang tanah dan beberapa lembar kelopak mawar.



3. Australia [Lime Milkshake] 


Di negara tetangga kita yang juga merupakan sebuah benua, alias Australia, milkshakenya super sehat! Jeruk Limau yang kecil-kecil dan super asam menjadi pecita rasa utama racikan susu kocok khas negara kangguru tersebut. Kalau mau iseng-iseng nyobain, kalian bisa ke Vogue Cafe di bilangan Sydney. Kejauhan? Sip, coba bikin sendiri aja skuy!!
Bahan :
1 Jeruk Limo (peras, ambil airnya)
4 skup Es Krim Vanilla
50 ml Susu (sekitar 10 sdt)
2,5 sdt Gula
1 sdt Madu

Langkah Pembuatan
Susu didinginkan. Blender susu dan air limo bareng sama madu dan gula sampai semua tercampur. Setelah itu, blender es krim nya juga. Penyajian bisa dengan beberapa ice cubes. Sementara toppingnya bisa pakai marshmallow.
 


4. Thailand [Spicy Vanilla Chai Milkshake]


Cita rasa utama dalam susu kocok khas Thailand adalah Teh Masala. Karena rasa teh “negara penuh senyuman” ini pekat dan dari dulu jaman Siam kuno dikenal sebagai obat herbal, ada aja orang freak-yet-creative di luar sana yang memadukannya sama rempah: LADA MERAH (cayenne pepper)! Anehnya, freakshake satu ini dijual juga di kafe Afrika Selatan, tepatnya Grounded at Echo Café yang ada di jalan Corner Pierneef 24th Avenue, Villieria-Pretoria. [1]
Mau coba bikin sendiri di rumah? Simak resep di bawah ini! ^^
Bahan :
1 gelas Susu Full Cream
1/2 sdt Jahe Bubuk (bisa juga 3 sdt ekstrak jahe)
1/8 sdt Lada Merah (wkwkwk, secimit doang ternyata)
5 kantong Teh Hitam Masala
5 cm Kayu Manis
1 sdt Ekstrak Vanilla
3 skup Es Krim Vanilla
Langkah Pembuatan
Panaskan susu, campur dengan jahe bubuk dan lada merah. Aduk dalam panas sedang. Tambahin teh kantong dan kayu manis, aduk beberapa kali dan biarkan sampai mendidih setelah lima menit. Angkat dari kompor, buang kantong teh lalu masukin ekstrak vanilla. Diamkan 5 menit, baru buang kayu manisnya. Blender es krim dan susu (herbal ?) tadi.. , lalu sajikan setelah terblender halus. Tambahkan topping bubuk kayu manis atau bubuk coklat dan astor. ^^


5. Amerika Serikat [Bacon Milkshake]

Nah, kalo negara adidaya Amerika, milkshakenya super kocak! Pake bacon, alias irisan daging babi asap. B Spot Burgers yang cabangnya ada di Cleveland, Columbus, Detroit dan Indianapolis menjual milkshake jenis ini. Yaitu lebih tepatnya Vanilla Bean Apple Pie Bacon Milkshake. Super kompleks, gokilz! Sayangnya, gue gak nemu resep milkshake campuran vanila, kedelai, pai apel dan bacon itu.

Kita cobain resep Bacon Milkshakenya aja, yah?



Bahan : 
1 iris Bacon
3 sdm Sirup Maple
4 skup Es Krim Vanilla
½ gelas Susu Full Cream

Langkah Pembuatan
Panaskan sirup maple dan bacon dengan api besar, 2 menit.  Setelah itu diamkan agar rasa bacon meresap ke dalam sirup. Setelah sirup dingin, buang baconnya, lalu masukkan susu. Aduk hingga rata.
Blender susu rasa sirup bacon dengan es krim. Pakai cincangan bacon sebagai topping. 

6. Inggris [Mars Attack Milkshake]

Ibukota Inggris yaitu London, punya satu cafe bernama The Love Shake Cafe Lounge yang menyajikan milkshake unik rasa “Mars Attack”. Milkshake ini dibuat dari susu produksi Mars, that’s why.. namanya Mars Attack. Tapi keunikannya gak sampe situ, milkshake ini juga dicampur dengan alkohol. Berani coba bikin yang satu ini?
Bahan : 
1 gelas Mars Milk (or simply just use Susu Coklat yang dicampur 1 sdm Gula )
1 sloki (atau 2 sdm) Brandy
2 skup Es Krim Anggur/ Black Curant

Langkah Pembuatan 
Panaskan susu dalam api sedang.  Setelah panas, tambahkan brandy, aduk sebentar lalu matikan api. Dinginkan. 
Blender susu dengan es krim. Pakai bubuk kayu manis atau bubuk cokelat sebagai topping.

7. Seluruh Dunia [Chocolate Milkshake + Nutella + Oreo and GIANT TOPPING]

Yahhhhh... ini yang paling enak dan unik. Enak : karena isinya mengandung susu full lemak, cokelat full lemak, ditambah Nutella yang lagi hits dan oreo yang gak usah ditanya kandungan lemaknya. Toppingnya juga oreo, cotton candy, astor, cookies, candybar, wafer, kit-kat, tim-tam.. dan uniknya lagi, milkshake jenis ini dimana-mana ada!






RUJUKAN:
[1] www.eatout.co.za/article/crazy-milkshakes/

1 comment:

  1. Permisi,maaf numpang promo
    Hii guys,kunjungi dan simak link ini yaa,siapa tau kalian minat karena banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

    https://dewndra.blogspot.com/2020/11/hidupsehat-dengan-nutrishake-apa-itu.html

    Terima kasih

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak di rumah saya! ^_^

Powered by Blogger.